APA ITU MANAJEMEN INVENTORY?

 APA ITU MANAJEMEN INVENTORY?

Manajemen inventory adalah manajemen didalam pengelolaan stok barang. Pada pengelolaan bisnis perusahaan besar umumnya barang khususnya dahulu ditaruh di tempat penerimaan gudang didalam wujud bahan baku atau komponen-komponen, baru lantas dimasukkan ke didalam tempat penyimpanan stok atau rak. Sedangkan  di perusahaan-perusahaan yang lebih kecil, barang yang diterima dapat langsung ditaruh di tempat penyimpanan stok.


sistem manajemen inventory

sistem manajemen inventory (sumber foto: Techtarget)


Barang-barang selanjutnya lantas disita berasal dari tempat stok dan dipindahkan ke layanan memproses yang dapat memproses bahan- baku jadi barang jadi. Selanjutnya, barang jadi dapat dikembalikan lagi ke rak-rak khususnya dahulu atau dikirim langsung ke pelanggan.


LALU, APA ITU SISTEM MANAJEMEN INVENTORY? Sistem Cloud ERP

Sistem manajemen inventory atau proses manajemen inventaris adalah kombinasi teknologi (perangkat keras dan perangkat lunak) dan proses dan juga prosedur yang mengawasi pemantauan dan pemeliharaan barang-barang yang disimpan oleh suatu perusahaan.


Barang-barang ini dapat merupakan aset perusahaan, bahan baku, atau product jadi yang siap dikirim ke vendor atau kastemer akhir.


Saat ini, umumnya proses manajemen inventory dapat diintegrasikan bersama sistem-sistem lainnya layaknya proses akuntansi, proses pembelian, dan apalagi jadi salah satu bagian berasal dari proses ERP. Sistem manajemen inventory yang canggih memungkinkan perusahaan untuk mengelola persediaan mereka yang disimpan di banyak gudang yang tersebar di lebih dari satu lokasi.


Sistem manajemen inventory dapat menyederhanakan proses pengelolaan persediaan yang kompleks, layaknya pemeriksaan inventaris, pemesanan barang berasal dari pemasok, pengambilan dan pengepakan barang, penghitungan nilai inventaris, prediksi kebutuhan inventaris, pelacakan pengiriman pesanan, dan masih banyak lagi.


7 MANFAAT SISTEM MANAJEMEN INVENTORY

1. PENYIMPANAN DATA TERPUSAT

2.  STOCK CONTROL

3. PENINGKATAN EFISIENSI

4. PRODUKTIVITAS YANG OPTIMAL

5. PENGHEMATAN BIAYA

6. PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN

7. PRAKIRAAN & PERENCANAAN YANG AKURAT

APA ITU SISTEM ERP?

Sistem ERP adalah singkatan berasal dari Enterprise Resource Planning, sebuah proses Info  yang digunakan untuk membawa dampak perencanaan bidang-bidang didalam sebuah usaha, layaknya logistik, sumber kekuatan manusia, penggajian dan lainnya.


Dengan menerapkan proses ERP berarti kami telah berinvestasi untuk meningkatkan efisiensi berasal dari faktor pekerjaan dan juga mengembangkan bisnis.  Sistem ERP dapat menjadikan perusahaan kami terjadi secara optimal dan dapat mengurangi biaya-biaya operasional yang tidak efisien, layaknya cost inventory maupun cost kerugian akibat kesalahan teknis.


Keputusan bisnis yang efisien membutuhkan ketersediaan Info yang cukup dan knowledge  akurat terhadap sementara yang tepat. Sistem ERP sediakan knowledge dan Info berasal dari lebih dari satu departemen bersama mudah dan terus diperbarui. Dengan demikian, produktivitas dapat mudah ditingkatkan, dikarenakan tiap departemen mengenai dapat terkoneksi bersama cepat dan terawasi secara optimal oleh pemilik bisnis atau pengelola dimanapun dan kapan saja.


sistem cloud erp


Keunggulan lain berasal dari software ERP ini memberikan fleksibilitas didalam hal membawa dampak penyesuaian yang diperlukan didalam manajamen knowledge sesuai bersama kebutuhan pasar dan keadaan yang diberlakukan pembeli.


ERP UNTUK SISTEM PENJULAN DAN DISTRIBUSI

Sistem penjualan dan distribusi merupakan proses yang kompleks. Tidak cuma sebatas menyalurkan product secara fisik, melainkan mencakup terhitung saluran informasi, pembayaran dan promosi. Dalam saluran distribusi fisik product andaikata Anda mengatur pergerakan product jadi berasal dari pemasok, manufaktur, dealer, retailer, dan akhirnya hingga terhadap kastemer akhir (end user).


sistem cloud erp


Sementara untuk saluran pembayarannya, mencakup sumber pembayaran pelanggan ke retailer, retailer ke dealer, dealer ke manufaktur dan manufaktur ke pemasok. Sedangkan, untuk rangkaian promosi product didalam konteks saluran distribusi product meliputi kesibukan promosi berasal dari supplier ke manufaktur, manufaktur ke dealer, dealer ke retailer, dan retailer ke konsumen.


Salah satu langkah untuk menolong Anda mengelola proses manajemen distribusi yang handal adalah bersama mengggunakan software proses ERP atau Enterprise Resource Planning, suatu aplikasi manajemen bisnis berbasis Cloud ERP yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi.


Bagaimana proses cloud ERP memberikan solusi terhadap kegunaan manajemen distribusi? lihat ulasan selanjutnya ini!


MENINGKATKAN EFISIENSI KERJA

Software proses ERP sebetulnya merupakan investasi bisnis yang amat potensial. Jika proses ERP ini telah terjadi bersama baik, dapat dapat mengurangi sementara dan bisnis yang diperlukan untuk mengerjakan kesibukan harian yang pada mulanya dijalankan secara manula agar tim dapat lebih fokus terhadap tugas yang lebih membuahkan keuntungan bagi perusahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Android Terbaik, Kelola Sandi Hingga Simpan Foto

Mengapa Pacific Palace Hotel Layak Dikunjungi: Keindahan dan Kenyamanan Hotel Bintang 4 di Batam

Menjadi Welder Profesional: Langkah-langkah Menuju Kesuksesan Karir